you

i never knew that i could love someone so deeply, completely, and endlessly untill i fell in love with you

Sabtu, 06 Agustus 2011

Kiprok atau regulator rectifier

mungkin kita sering mendengar tentang kiprok …!!! Bahkan sering kalau ada yang jual motor… ada infonya kiprok baru … !!! Lha iki panganan opo tho …??? Kalau yang pernah mengetahui tentang electro,… mungkin tidak akan asing lagi… ketika membuat suatu adaptor ntaagh 12 volt …!!! Kalau ngeliat rangkaiannya… cuma ada trafo yang input alias panganannya 220 volt (kadang bisa milih 110 volt red.),… dan keluarannya bisa 12 volt sekian ampere … (besarnya ampere tergantung besarnya trafo red.) … !!! Lha dari sana… dilanjutkan dengan rangkaian ‘jembatan dioda’ plus keluarannya masuk ke capacitor… jadi deegh voltase DC yang diinginkan …!!!

Naagh mirip dengan hal itu,… kira-kira begitulah kerjanya si regulator rectifier …!!! Hanya saza … persoalan trafo ditangani oleh alternator… dimana mengeluarkan voltase AC melalui perputaran magneto flywheel …!!! Jadi yang satu bekerja pake listrik… yang satu dari tenaga gerak…. mirip deegh kalau jaman dulu… ngonteeel teruz ada alternator yang digerakkan ban depan.. terus lampu sepeda onthel bisa nyalaaa … !!! Naagh tugas si regulator rectifier itu merubah voltase AC menjadi DC … !!!

Hasilnya adalah aki bisa dicharge… bisa menyalakan lampu… menyalakan lampu sein etc… !!! Perhatikan deegh,… kalau di motor bebek… head lamp itu baru bisa nyala… ketika motor hidup… !!! Mau switch di on,… kalau motor belum hidup… ya ndaaak mau nyala… !!! Tapi lampu sein,… bisa nyala… lampu rem bisa nyala… kenapa demikian …??? Yaagh karena voltase headlamp dikeluarkan oleh regulator rectifier ini… sedangkan yang lainnya menggunakan aki … !!!

Coba lageee,… perhatikan kalau beli motor baru… teruz distarter dan dinyalakan… headlamp menyala dengan stabil… !!! Tapi kalau sudah agak ‘uzur’ kalau dalam posisi idle… lampu seperti nyala remang-remang… mirip kayak warung remang-remang… namun jika throttle dibejek… baru lampunya terang… !!! Ditanya kenapa… giliran sampeyan seng jawab… !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar